Kamis, 02 April 2009

KeTeRampILAn DasAr MenGAjaR

Membimbing Diskusi
Diskusi kelompok adalah percakapan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama, dilaksanakan secar teratur dan memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk memberikan pendapat.
1. Syarat-syarat dalam diskusi kelompok
*membentuk kelompok antara 3-9 arang
*mempuanyai tujuan yang jelas
*ada pembimbing (guru)
*interaksi tatap muka bersifat informal (memberikan kesempatan pada anggota kelompok untuk memberikan penbdapat)
*bejalan secara teratur
2. komponen yang harus dimiliki oleh guru dalam membimbing diskusi adalah
*pemusatkan perhatian siswa
*memperjeklas penyampaian ide
*menganalisis pendapat siswa
*meningkatkan urunan pikiran siswa
*menyebarkan kesempatan berpartisispasi
*menutup diskusi
3. penggunaan komponen dalam membimbing diskusi
a. pemusatan perhatian siswa dapat dilakukan dengan cara
*merumuskan tujuan dengan jelas
*menyatakan masalah kusus
*menghindari penyimpoangan masalah
*merengkum pembicaraan pada tahap tertentu
*memperjelas masalah dapat dilakukan dengan cara
*menguraikan kembali tentang pokok-pokok masalah
*meminta komentar siswa
*menguraikan gagasan siswa denbgan informasi tambahan
*menganalisis pendapat siswa dapat dilakukan dengan cara
*meneliti alas an pendapat siswa
*memperjelas hal-hal yang disepoakatyi
b. meningkatkan urunan pendapat siswa dapat dilakukan dengan cara
*mengajukan pertanyaan
*menghangatkjan suasana
*memberi waktru yang cukup
*mendukung pendapat siswa
*menyebarkan kesempatan berpartisipasi dapat dilakukan dengan cara
*memancing urunan siswa
*mencegah pembicaraan serentak
*mencegah monopoli pembicaraan
*mendorong siswa untuk memberikan komentar pada pendapat siswa
*meminta persetujuan siswa
*menutup diskusi dapat dilakukan dengan cara
*membuat rangkuman
*memberikan gambaran tindak lanjut dari hasil diskusi
*mengajak menilai proses dan hasil diskusi
4. keuntungan diskusi kelompok
*berlatih berfikir
*berlatih berpendapat
*berlatih berkomunikasi
*berlatih mengambil keputusan
*mempunyai semangat kerjasama yang sehat


keterampilan mengajar kelompok kecil/perorangan
hakikat mengajar kelompokm kecil/perorangan adalah
*terjadinya hubungan pribadi yang sehat antara siswa dan guru
*terjadinya hubungan pribadi yang sehat antara siswa dan diswa
komponen yang harus dimilikim oleh guru dalam mengajar kelompok mkecil/perorangan
1. pendekatan pribadi
2. mengorganisasikan
3. membimbing dan memudahkan belajar
4. merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar
pendekatan pribadi dapat dilakukan dengan cara
a. menunjukkan kehangatan
b. menunjukkan kepekaan
c. mendengarkan pertanyaan siswa
d. merespon dan mendudkung kegiatan siswa
e. mempercayai, mengerti dan mengendalikan situasi
mengorganisasikan dapat dilakukan dengan cara
a. memberikan orientasi umum
b. variasi kegiatan
c. membentuk kelompok
d. mengkoordinasikan kegiatan belajar siswa
e. membagi perhatian
f. kulminasi/ membuat laporan dan kesimpulan
membimbing dan memudahkan belajar dapat dilakukan dengan cara
Ø penguatan pada usaha siswa
Ø suprevisi proses awal
Ø suprevisi proses lanjut
Ø suprevisi pemaduan

merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan cara
Ø keterampilan menetapkan tujuan
Ø merencanakan kegiatan siswa
Ø memberi petunjuk
Ø menilai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar