Kamis, 02 April 2009

akhLaQ MadzMUmaH

Sering kali kita ketahui berbagai macam penyakit masyarakat da media massa. Yang dimaksud dengan penyakit masyarakat adalahsegala macam perbuatan manusia yang tidak disenangi oleh manusia atau masyarakat yang akan mendatangkan kerugian dan bencana, baik bagi pelaku, koeban, maupun masyarakat. Sifat-sifat tercela banyak bentuknya diantaranya adalah:
mencuri dan merampok
mencuri adalah mengambil harta orang lain dengan sembinyi-sembunyi dari tempat penyimpanan, sedangkan merampok disertai dengan kekerasan. Adapun bahay mencuri bagi pelakunya adalah:
hidupnya tidak akan tenang dan mengalami kegelisahan batin
jika tertangkap ia kan dijatuhi hukuman
akan mencemarkan nama baiknya
dapat merusak imannya
sedang bahaya mencuri bagi orang lain adalah:
a. kerugian dan kekecewaan
b. jiwa akan terancam karena pelaku biasanya bertindak kekerasan
c. tatanan masyarakat akan lemah
membunuh
membunuh adalah perbuatan yang mengakibatkan matinya seseorang, baik dilakukan dengan sengaja maupun tidak, dengan alat yang mematikan atau tidak.
Bahaya pembunuhan bagi pelaku pembunuhan tidak jauh beda dengan dampak dari pencurian, ia akan dikenakan hukuman. Sedangkan bagi orang lain adalah hilangnya stabilitas keamanan dan ketentraman dalam masyarakat, serta dapat menimbulkan balas dendam bagi keluarga korban. Selai membunuh orang lain Allah juga melarang manusia untuk membunuh dirinya, misalnya dengan gantung diri, terjun ke jurang dan gedung bertingkat, minum racun dan sebagainya.
asusila
asusila adalah perbuatan yang melanggar norma sosial dan agama. Umumnya perbuatan asusila mengarah pada penyimpngan sosial. Penyimpangan sosial dapat diartikan sebagai kebutuhan biologis dengan cara hubungan kelamin yang menyimpang dari ketentuan masyarakat. Banyak sekali asusila yang terjadi dalam masyarakat anatara lain:
zina
zina adalah melakukan hubungan kelamin laki-laki dan permpuan tampa ada ikatan pernikahan yang sah, dalam Al-Qur’an pelarangan untuk berzina terdapat dala surat Al-Isra ayat 32.
homoseks dan lesbi
adalah pemuasan atau penyaluran nafsu seksual antara sesama jenis kelamin. Dalam ilmu fiqih dikenal dengan sebutan liwat. Keduanya merupakan dosa besar karena sudah bertentangan dengan fitrah manusia.
Freeseks
Adalah menghalalkan hubungan seksual dengan segala cara dan tidak terbatas pada kelompok tertentu. Mereka tidak berpegang teguh pada susila atau nilai manusiawi.
Masturbasi
Yaitu pemuasan seksual pada diri sendiri dengan menggunakan salah satu anggota badan. Dalm fiqih dikenal dengan istilah istima’ bil yad.
Sodomi
Pada awalnya istilai hin digunalan untuk menyebut mereka yang berhubungan dengan binatang. Namun sekarang ada perluasan makna yaitu hubungan seksual lewat dubur dan membunuh pasangannya untuk mendapatkan kepuasan.
Perkosaan
Yaitu perilaku menyimpang tang merasa mendapat kepuasan seksual dengan cara memaksa orang lain untuk melakukan hubungan seksual. Perkosaan dapat terjadi pada orang yang dikenal maupun tidak.
Aborsi
Aborsi adalahpelarian tanggungjawab sebagai seorang ibu dengan cara membunuh anak/janin yang masih berada didalam rahim atau kandungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar